Home » Perawatan Mobil » Tips Perawatan Mesin Pada Mobil Tua dengan Benar dan Tepat

Tips Perawatan Mesin Pada Mobil Tua dengan Benar dan Tepat

Di pasaran ada banyak jenis mobil yang bisa dipilih seperti mobil sport, mobil kota, mobil yang cocok untuk offroad, mobil keluarga, dan masih banyak jenis lainnya. Selain itu ketika membeli mobil juga bisa untuk memilih dari kondisinya dimana Anda bisa untuk memilih baru atau mobil tua. Mobil tua biasanya mempunyai beberapa keuntungan seperti modelnya yang lebih unik dan sesuai dengan selera untuk pecinta mobil tua. Tetapi kekurangannya adalah dari perawatan mesin yang harus lebih teratur dibandingkan mobil baru. Dimana ketika akan membeli mobil tua ini, beberapa tips perawatan untuk mesin yang bisa digunakan adalah dengan cara berikut ini:

Tips Perawatan Mesin Pada Mobil Tua dengan Benar dan Tepat

  • Periksa kondisi mesin mobil tua secara teratur

Tips pertama ketika membeli mobil tua maka untuk perawatan mesinnya yang bisa digunakan adalah dengan memeriksa kondisi mesin secara teratur. Hal ini bisa dilakukan sehingga akan dapat untuk menjaga kondisi mesin tersebut tetap baik dan terhindar dari kerusakan. Hal tersebut karena mesin pada mobil tua lebih rentan bermasalah karena usianya. Oleh karena itulah untuk menghindari masalah mesin tua seperti mogok dan kerusakan lainnya maka akan lebih baik untuk melakukan perawatan dan pemeriksaan mesin mobil tua tersebut secara berkala. 

  • Penggunaan bahan bakar dan oli yang tepat

Tips perawatan mesin selanjutnya yang bisa digunakan agar mobil tua tersebut tetap bisa digunakan adalah dengan memperhatikan oli dan juga bahan bakarnya. Pilihlah bahan bakar dan oli terbaik yang dapat untuk mendukung kinerja mesin tua agar lebih efektif. Oleh karena itulah jangan ragu untuk memilih oli terbaik yang harganya biasanya lebih mahal terutama untuk mesin yang telah berusia lebih dari 10 tahun. Lakukan penggantian oli juga harus secara teratur ketika mobil telah digunakan setiap jarak 2500 km. Sehingga hal tersebut juga akan membuat kinerja mesin lebih mudah karena mengurangi bebannya.

  • Pengecekan pada bagian ring dan kabel

Tips selanjutnya untuk melakukan perawatan pada mesin mobil tua adalah melakukan pengecekan rutin pada bagian ring dan kabelnya. Lakukan pengecekan secara rutin pada bagian mesin yang kecil yaitu kabel, ring, karet-karet penyangga pada mobil tua tersebut. Pastikan semua bagian tersebut berfungsi secara normal dan juga masih dalam keadaan baik. Sehingga akan memberikan kinerja yang terbaik pada mesin apabila digunakan.

  • Pengecekan pada bagian kaki-kaki mobil

Dan tips terakhir untuk dapat melakukan perawatan mesin mobil tua yang terbaik adalah dengan mengecek bagian kaki-kaki mobil. Lakukan pemeriksaan rutin pada bagian kaki mobil sehingga tidak akan terjadi masalah karena berusia cukup tua. Dan ketika terjadi masalah seperti mulai terdengar bunyi kasar pada mesin maka sebaiknya cepat diatasi dengan dimasukkan di bengkel.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *