Home » Modifikasi Mobil » Tips Perawatan Mobil Kuno dengan Tepat yang Harus Anda Terapkan Agar Awet

Tips Perawatan Mobil Kuno dengan Tepat yang Harus Anda Terapkan Agar Awet

Mobil kuno pada umumnya banyak digunakan miliki oleh berbagai kalangan, tidak untuk digunakan sebagai tunggangan sehari-hari dalam diri mereka. mobil ini biasanya hanya digunakan sebagai barang koleksi otomotif dalam rumah. Namun demikian, secara umum biasanya para pemiliknya akan menggunakan mobil tersebut, hanya untuk sekedar berkumpul dengan para penggemar mobil kuno lainnya. Meskipun tidak akan terlalu sering digunakan, namun perawatan mobil kuno tetaplah harus dilakukan, agar nantinya mobil dapat tetap berjalan dan berfungsi dengan optimal ketika digunakan. Selain itu kondisi body yang tetap menarik serta menawan pun dapat ditampilkan oleh mobil kuno tersebut.

 Tips Perawatan Mobil Kuno dengan Tepat yang Harus Anda Terapkan Agar Awet

Bagian body tentunya menjadi perhatian utama dari para pemilik mobil kuno ini untuk menerima perawatan secara total. Tidak hanya dengan mencuci mobil dan menjaga kebersihan pada bagian body mobil saja, namun penempatan mobil pada saat digunakan menjadi faktor utama yang mempengaruhi body dan cat yang menempel didalamnya. Untuk dapat menjaga tekstur dari cat body mobil kuno yang Anda miliki, agar tidak mudah retak rambut maka sebaiknya Anda menempatkan mobil tersebut pada tempat yang sejuk dan tidak terkena secara langsung paparan sinar matahari.

 

Hal lain yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan perawatan mobil kuno yang Anda miliki, antara lain adalah:

  • Rajinlah untuk mengecek kondisi dari mesin mobil kuno Anda, lakukan perawatan secara rutin, dan gantilah oli pada mesin mobil Anda secara berkala, dalam jangka waktu yang lebih pendek, mengingat mobil kuno tentunya memiliki mesin yang lebih rentan terhadap kerusakan. Dengan mengganti oli dalam waktu yang lebih pendek, maka kinerja mesin pun akan lebih terjaga.
  • Lakukanlah pengecekan pada bagian kabel kelistrikan pada mobil kuno yang Anda miliki, dan pastikan tidak ada kabel yang terkelupas dan dapat menjadi pemicu terjadinya konsleting pada bagian tersebut.
  • Ring dan karet penyangga merupakan hal lain yang juga harus Anda periksa secara rutin, karena ring dan karet penyangga yang tidak kencang ataupun meleset dari tempatnya, akan dapat menyebabkan timbulnya suara berisik pada mobil tersebut.

Baca Juga : Tips Perawatan Mesin Motor Agar Senantiasa Selalu Prima

 

Hal terpenting lainnya yang juga harus Anda lakukan dalam sistem perawatan ini adalah melakukan pemanasan pada mesin mobil secara rutin setiap harinya minimal 10 menit lamanya, meskipun mobil tidak akan Anda gunakan. Dengan melakukan pemanasan pada mesin, maka secara tidak langsung Anda akan menjaga kinerja dari mesin secara lebih menyeluruh.

 

Mencopot konektor dari kepala aki juga harus Anda lakukan, ketika mobil kuno yang Anda miliki, tidak akan Anda gunakan dalam jangka waktu yang lama. Dengan melepas konektor dari kepala aki, maka daya listrik pada aki akan lebih terjaga, dan permasalahan soak aki pun dapat dihindari. Perawatan mobil kuno yang Anda lakukan, akan mempengaruhi performa dari mobil yang Anda miliki tersebut.

 

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *