Home » Tips dan Trik » Ulasan Mobil Tua & Antik: Citroen DS (1955)

Ulasan Mobil Tua & Antik: Citroen DS (1955)

Mobil tua– Mobil Citroen DS, dimasanya menjadi salah satu mobil dengan desain mewah dan berkelas. Mobil ini diproduksi perusahaan otomotif Citroen asal Perancis pada tahun 1955 sampai 1975.

Semenjak diberhentikan produksinya Mobil Citroen Ds menjadi mobil tua & antik di dunia yang diburu oleh para kolektor mobil di seluruh dunia

Citroen DS adalah mobil mesin depan, front wheel drive eksekutif diproduksi dan dipasarkan oleh perusahaan Perancis Citroën 1955-1975. Pematung asal Italia dan desainer industri Flaminio Bertoni dan insinyur penerbangan Perancis André Lefèbvre yang mendesain style mobil ini. Dan Paul Magès mengembangkan hydropneumatic suspensi self-leveling.

Tercatat untuk aerodinamis, desain body futuristik dan teknologi inovatif,Citroen DS menetapkan standar baru dalam kualitas berkendara dimasanya, yakni handling dan pengereman  dan ini adalah mobil produksi pertama yang dilengkapi dengan rem cakram.

Mobil tua & antik ini, Citroen DS  pernah mendapatkan tempat ketiga pada tahun 1999  oleh Car of the Century dalam sebuah jajak pendapat, yang mengakui ini adalah mobil  yang paling berpengaruh di dunia dan dinobatkan sebagai mobil paling indah sepanjang masa oleh majalah Klasik & Sports Car.

Mobil Citroen DS pada mulanya diperkenalkan pada tanggal 5 Oktober 1955 di Paris Motor Show. Dalam 15 menit pertama acara, 743 mobil dibeli  dan pesanan untuk hari pertama mencapai 12.000 unit. Selama 10 hari acara pameran berlangsung. Citroen DS laku sebanyak  80.000 unit. Sebuah rekor yang telah berdiri selama lebih dari 60 tahun dalam sejarah otomotif roda empat.

Baca Juga: Review 4 Mobil Tua dan Antik Paling Mahal Di Dunia

Citroen DS adalah simbol dari kejeniusan Perancis dalam memproduksi mobil ini setelah pasca perang dunia ke 2. Citroen DS didistribusikan ke banyak wilayah di seluruh dunia dan sangat laris digemari oleh masyarakat dunia di masanya.

Hal ini juga mengemukakan relevansi bangsa di Space Age, selama perlombaan global untuk teknologi Perang Dingin. Filsuf Strukturalis Roland Barthes, dalam sebuah esai tentang mobil, mengatakan bahwa mobil Ds tampak seolah-olah “jatuh dari langit”.

Dan sebuah iklan di Amerika meringkas  sebuah statement mengenai titik penjualan Citroen Ds. “Dibutuhkan orang khusus untuk mengendarai mobil Citroen DS”  Karena mereka dimiliki oleh produsen ban berteknologi agresif Michelin, Citroën telah merancang mobil mereka di sekitar ban radial teknis lebih unggul sejak tahun 1948, dan DS tidak terkecuali.

Mobil ini menampilkan suspensi hydropneumatic baru termasuk sistem otomatis meratakan dan ground clearance variabel, yang dikembangkan in-house oleh Paul Magès. Suspensi ini memungkinkan DS untuk melakukan perjalanan dengan cepat pada permukaan jalan yang umum dan terjal di Perancis.

Selain itu, kendaraan ini  memiliki power steering dan transmisi semi-otomatis (transmisi yang diperlukan tidak ada pedal kopling, tapi gigi masih harus digeser dengan tangan) meskipun tuas shift dikendalikan mekanisme pergeseran hidrolik bertenaga di tempat yang hubungan mekanis, dan atap fiberglass yang menurunkan pusat gravitasi dan transfer berat sehingga berkurang. rem depan dlm kapal (serta suspensi independen)  

Seperti semua mobil di Perancis, desain DS dipengaruhi oleh sistem tenaga kuda, yang secara efektif mesin sangat kecil. Berbeda dengan pendahulunya Traction Avant, tidak ada model top of range dengan mesin enam silinder yang kuat. Citroën telah merencanakan sebuah flat-6 mesin berpendingin udara untuk mobil, tapi tidak memiliki dana untuk menempatkan mesin prototipe ke produksi.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *