Home » Perawatan Mobil » Ulasan Seputar Varian LED dan Tips Merawat Lampu Mobil

Ulasan Seputar Varian LED dan Tips Merawat Lampu Mobil

Mobil merupakan kendaraan roda empat yang banyak digunakan saat ini. Mobil lebih dipilih karena memiliki banyak kelebihan seperti dapat menampung penumpang lebih dari 4 orang, dapat terhindar dari panas matahari pada siang hari dan hujan, dan tidak perlu takut terkena debu maupun asap kendaraan lainnya. Penumpang juga tidak perlu khawatir karena mobil telah dilengkapi dengan alat multimedia sehingga penumpang tidak bosan. Mobil memiliki beberapa komponen atau bagian yang perlu diperhatikan dan sangat penting yaitu bagian lampu. Lampu mobil merupakan bagian penerang yang akan memberi cahaya saat kondisi sedang hujan, saat malam hari dan sedang kabut.

 Ulasan Seputar Varian LED dan Tips Merawat Lampu Mobil

Berikut adalah beberapa jenis varian lampu LED untuk mobil diantaranya: 

  • Lampu T10, dengan lebar soket 10mm atau 1cm digunakan untuk lampu sign, lampu indikator panel dashboard, lampu senja dan lampu plat nomor. Dengan pilihan 1 mata, 3 mata, 5 mata, 9 mata, 12 mata, 18 mata, 21 mata. Harganya berkisar 30 ribu hingga 100 ribu.
  • Angel eyes, seperti sebuah mata melayang dan berbentuk bulat dengan tambahan lampu warna-warni yang menyala mengitari lingkarannya dan harganya dibanderol dari 1 juta hingga 5 juta.
  • Lampu sorot, dengan bodi alumunium dan sebagai pendingin untuk lampu tembak, lampu ini dengan high power LED yang hemat energi dan berdiameter 55 hingga 75mm, memiliki harga 100 ribu hingga 250 ribu.

Ada juga lampu fleksibel sebagai lampu penerangan kabin pengganti neon yang memiliki harga 30 ribu hingga 50 ribu. Selain itu ada juga, lampu flasher yang digunakan untuk mobil dinas aparatur dan pemerintahan dengan menggunakan tabung xenon yang mahal dan boros energi. Harganya sekitar 50 riu hingga 150 ribu saja. Beberapa lampu mobil ini tentunya memiliki fungsi yang baik untuk menerangi setiap bagian mobil dan menjadi tanda saat mobil sedang di kemudikan.

Berikut adalah cara merawat lampu diantaranya: 

  • Gunakan lampu dengan daya yang sesuai,
  • Perhatikan penutup kereta penutup bohlam, jika robek atau getas sebaiknya segera diganti dengan baru.
  • Perhatikan seal penutup mika, jika seal robek atau berlubang segera diganti karena akan membuat air dan debu masuk.
  • Jaga kebersihan kap mesin terutama untuk mesin mobil yang didepan karena kotorannya dapat masuk melewati bohlam lampu.

Selain diatas juga, parkir ditempat yang teduh karena sinar UB dapat membuat kaca headlamp menjadi kuning. Gunakan cairan anti UV atau wax sebagai pelindung kaca lampu sehingga tetap mampu memberi cahaya yang maksimal. Cuci kaca headlamp setelah hujan karena kotoran dan air hujan dapat memberi goresan dan masuknya partikel kotoran dalam headlamp. Lampu mobil yang dirawat dengan baik akan membuat pengguna tetap selamat berkendara dalam keadaan gelap maupun hujan lebat.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *