Home » Tips dan Trik » Waspada, Kenali Aki Mobil Rekondisi dengan 4 Ciri Berikut Supaya Anda Tidak Tertipu

Waspada, Kenali Aki Mobil Rekondisi dengan 4 Ciri Berikut Supaya Anda Tidak Tertipu

Semua jenis komponen baterai akan mengalami penurunan performa baik secara perlahan maupun total jika sudah tiba waktu untuk menggantinya. Hal ini juga berlaku pada baterai mobil atau aki, yang harus diganti jika sudah digunakan dan mencapai waktu tertentu. Umumnya setiap aki mobil akan memiliki usia pakai dalam jangka satu sampai dua tahun. Akan tetapi, sebelum melakukan penggantian aki, sebaiknya Anda memeriksa dan mengeceknya secara teliti karena saat ini ada banyak orang yang tertipu dengan membeli aki mobil rekondisi yang dikira sebagai aki baru.

Waspada, Kenali Aki Mobil Rekondisi dengan 4 Ciri Berikut Supaya Anda Tidak Tertipu 

Aki mobil yang telah di rekondisi adalah sebuah aki lama yang telah mengalami proses perbaikan atau penggantian komponen tertentu sehingga terkadang tampak seperti sebuah aki baru. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda waspada dengan mengenali aki mobil yang sudah rekondisi dengan 4 ciri seperti di bawah ini agar tidak tertipu dan menyesal di kemudian hari, antara lain:  

  • Umumnya aki baru untuk sebuah mobil saat ini akan dibanderol dengan harga 600 sampai jutaan rupiah. Jika Anda membeli sebuah aki yang harganya sangat murah atau bahan hanya mencapai setengah harga tersebut, maka dapat dipastikan bahwa aki tersebut adalah hasil rekondisi.
  • Aki mobil rekondisi biasanya banyak dijual di toko onderdil pinggir jalan. Untuk itu, akan lebih baik jika Anda membeli aki di toko besar yang sudah terpercaya atau mengecek dengan teliti jika berminat membeli aki di toko biasa.
  • Bagian cover, kutub dan warna permukaan merupakan komponen pertama yang harus Anda periksa secara detail karena umumnya bagian tersebut akan sangat rawan mengalami goresan dan perubahan warna jika kondisinya sebagai aki rekondisi.
  • Masa garansi aki dari pabrik adalah satu tahun. Jika penjual tersebut hanya berani menggaransi aki dalam beberapa bulan saja, maka Anda perlu mempertimbangkan kembali untuk membeli aki tersebut.

Biasanya ada beberapa orang yang tergiur dengan harga murah aki rekondisi dan memutuskan untuk membelinya agar bisa lebih berhemat, padahal menggunakan aki rekondisi untuk mobil akan sangat merugikan Anda karena aki tersebut lebih rentan mengalami kerusakan, tidak awet dan dapat menyebabkan beberapa komponen didalam mobil menjadi tidak stabil jika aki tersebut tidak cocok dengan mesin mobil Anda.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mengecek dengan teliti setiap akan melakukan pembelian aki dengan keempat cara di atas agar tidak tertipu dan dirugikan dengan aki mobil rekondisi. Salah satu cara jitu yang bisa Anda lakukan untuk menghindari jenis aki tersebut adalah dengan melakukan pembelian aki hanya di toko resmi atau dengan mengajak orang yang lebih ahli maupun memiliki pengetahuan tentang aki untuk memastikan aki yang Anda beli masih dalam kondisi baru tanpa perlu mengkhawatirkan hal apapun.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *